Google Drive

Haloooo, salam teknologi. Kembali lagi nih dengan riskaannisa’s blog. Postingan kali ini sangat bermanfaat loh buat pembaca sekalian. Kok bisa bermanfaat? karena di postingan kali ini bakalan membahas digital storage yang sering banget para pengguna media penyimpanan digital gunakan. Pasti pembaca sudah dapat menebaknya bukan. Yap apalagi jika bukan si microsoft google drive :).

Google Drive adalah penyimpanan milik google yang di rilis 24 April 2012. Merupakan ekstensi google docs  dan mengganti docs.google.com dengan drive.google.com setelah di aktifkan. Google drive ini memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan bisa di tambah dengan pembayaran tertentu. Sekarang google drive bisa di aksess dengan android, sehingga dapat memudahkan akses di mana pun. Nah setelah tau apa itu google drive, biar lebih paham lagi tentang google drive di   postingan ini bakalan dibahas nih apa aja fitur-fitur yang ada di google drive lalu yang paling penting nih yaitu kelebihan dan kekurangan dari google drive sebagai digital storage. Langsung saja ya, ini dia fitur-fitur yang ada pada google drive :

1. Integrasi Dengan Produk Lain

Fitur Integrasi ini menjadi bagian terpenting pada Google Drive. Pasalnya fitur ini terintegrasi dengan produk google lainnya seperti Google Doc, Google Shets, Atau Google Slide. File yang sudah anda simpan pada Google Drive bisa anda edit kembagi dengan menggunakan fitur ini  tanpa harus mendownload File Tersebut.

berbagai fitur google lainnya

2. Kapasitas Penyimpanan

Dengan mengimplementasikan teknologi  berbasis cloud anda mendapat Kapasitas dari Layanan Google Drive ini sebesar 15GB untuk yang free license. Sedangkan untuk Google Drive Premium anda mendapat 30GB.

berbagai format file

3. Sharing & Privasi Hak Akses

Kemudahan Google Drive selanjutnya adalah berbagi file. Dengan hanya menggunakan fitur sharing anda cukup memasukkan email partner anda pada isian form sharing, partner anda sudah mendapatkan file tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan hak akses bagi orang lain, seperti hanya bisa view konten, atau bisa ikut mengedit data tersebut sehingga anda bisa berkerja team.

Fitur Google Drive-1.png

4.  Search File

Teknologi search yang dikembangkan untuk Google Drive sangat memanjakan penggunanya. Diantaranya adalah pencarian file berdasar jenis format file yang dicari, Pemilik file, tanggal modifikasi, dan lainnya. Google juga menambahkan fitur autocorrect pada search sehingga ketika kita salah ketik fitur ini memberikan saran.

5. Fitur Penerjemah Dokumen

Fitur penerjemah dokumen ini terhubung dengan Google Translate. Anda bisa memasukkan file dokumen anda kemudian membuka file tersebut di perangkat dokumen yang tersedia di Google Drive. Kemudian klik menu Tools, setelah itu anda pilih Translate Document dan memilih bahasa dokumen yang anda inginkan.

6. Convert Pdf to Text

Fitur yang juga jarang digunakan oleh pengguna Google Drive yaitu Fitur merubah file dengan format PDF menjadi Text. Untuk bisa menggunakan fitur ini anda bisa membuka file PDF anda di Google Drive, kemudian Download As Microsoft Word. Setelah file yang didownload berformat .docx anda bisa mengeditnya.

7. Revision History

Google Drive mempunyai fitur Revision History, fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah anda edit. Revision History juga bisa melakukan restore dokumen sesuai tanggal modifikasi.

Layanan Google Drive menjadi salah satu paket G Suite yang ditawarkan Google. G Suite memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 30GB. Tidak hanya itu saja,  Ada beberapa aplikasi utama lainnya yang siap digunakan untuk kolaborasi dengan Google Drive.

8. Fitur Upload dokumen

Di Microsoft Office atau Open Office, Anda biasa mengenal perintah open document tapi pada Google Drive ada 2 pilihan untuk terhubung dokumen, yang pertama pilih dokumen di halaman awal Google Drive dan mengupload dokumen supaya menjadi bagian dari dokumen online di dalam daftar koleksi Google Drive.

9. Fitur Download Dokumen

Sama seperti yang di atas, Anda dapat menyimpan dokumen Anda di server Google, tapi Anda pula dapat menyimpang file yang sudah Anda olah di Google Drive secara pilih opsi file > download as. pada download as ini mempunyai banyak format daya simpan dokumen meskipun tak sebanyak program office berbayar.

Untuk menyimpan dokumen secara online, Anda tak perlu mengklik save atau semacamnya sama seperti program Office yang biasa Anda pakai, Google Drive dapat menyimpan secara otomatis semua yang Anda kerjakan tanpa harus mengklik satu buah perintah khusus.

10. Mengkolaborasikan video, foto dan lainnya

Fitur kolaborasi Google Docs sekarang tersedia untuk berbagai jenis file. Sebagai contoh, jika Anda meng-upload sebuah video di Drive dan berbagi dengan seseorang, Anda dapat berdiskusi mengenai video tersebut dengan fasilitas komentar.

11. Menginstal aplikasi dari pihak ketiga

Developer pihak ketiga dapat membangun aplikasi yang dapat bekerja dengan baik di Google Drive. Anda dapat melakukan edit foto dengan menggunakan aplikasi Pixlr, mengirim fax secara gratis dengan aplikasi HelloFax dan menandatangani dokumen resmi dengan aplikasi DocuSign. Semuanya dapat dilakukan lewat layanan Google Drive.

Nah sudah tau kan apa saja fitur-fitur yang ada di google drive. Tapi kurang komplit kalau cuma tau fitur-fiturnya aja. Biar lebih tahu mengenai google drive, ini dia kekurangan dan kelebihannya :

Kelebihan Google Drive :

  1. Dengan Hard Google, yang dapat menyimpan semua file di satu tempat, sehingga kita dapat mengaksesnya dari mana saja dan berbagi dengan orang lain.
  2. Gunakan Google Hard Android app untuk mengakses foto, dokumen, video dan file lain yang disimpan pada Drive Google.
  3. Kita bisa Upload/Download file ke Hard Google langsung dari perangkat
  4. Membuat file Foler yang tersedia offline sehingga Anda dapat mengaksesnya bahkan ketika Anda tidak memiliki koneksi Internet
  5. Membuat dan mengedit dokumen Google dengan format rich text
  6. Lakukan perubahan cepat untuk spreadsheet
  7. Bisa membaca file PDF
  8. Upload dan mengkonversi file ke format Google Docs
  9. Mengambil foto dari teks dicetak dan mengubahnya menjadi dokumen Google
  10. Support untuk pengguna tablet, Honeycomb (Android 3.0 +)
  11. Buka dan lihat file apapun
  12. Simpan file seseorang di tempat yang aman
  13. Akses dimana saja
  14. Buka dan lihat file apapun
  15. Simpan file seseorang di tempat yang aman
  16. Penelusuran yang canggih
  17. Lebih dari penyimpanan kolaborasi

Kelemahan Google Drive :

Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia tidak semua tempat memiliki akses internet yang memunkinkan dapat berjalan dengan lancar.

Bagaimana pembaca? sudah tahu lebih banyak bukan tentang media penyimpanan digital google drive. Untuk tahu info-info lain tentang teknologi baca postingan-postinga sebelumnya juga yaaaa. Semoga bermanfaat

Sumber :

http://blog.eikontechnology.com/5-fitur-google-drive-ini-wajib-anda-ketahui

http://www.pintarkomputer.org/2016/01/fitur-google-drive-dan-fungsinya.html

http://gekdebby.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-kelebihan-kekurangan-dan.html

Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Dan Fungsi Google Drive