Microsoft One Drive

Di era digital sekarang ini banyak sekali orang lebih memilih menggunakan penyimpanan berbasis digital. Dari hal tersebut muncul banyak sekali media penyimpanan digital seperti google drive, one drive dan lain sebagainya. Pada postingan sebelumnya, telah dibahas mengenai google drive. Nah untuk postingan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai one drive.

Microsoft-oneDrive

OneDrive adalah penyimpanan dokumen pribadi online yang bisa Anda dapatkan dengan akun Microsoft atau Outlook.com dan bisa anda akses dari mana saja. OneDrive dapat digunakan untuk menyimpan dokumen, foto, dan file lain di cloud. Dimana File ini bisa anda bagikan dengan teman, dan bahkan kolaborasikan konten. Microsoft OneDrive di rilis perdana tepat pada 1 Agustus 2007 dengan ruang penyimpanan gratisnya sebanyak 5 GB dan dapat di upgrade sampai I TB (1000 GB) untuk kebutuhan yang lebih banyak.

Tidak cuma soal ruang penyimpanan, OneDrive juga sudah di bekali dengan fitur-fitur yang sangat mengesankan yakni editor via web seperti MC Word, Excel, PowerPoint dan lain-lain.

Fitur-fitur editing via online, fitur tambaha, fitur terbaik

Nah itulah sekilas mengenai OneDrive yang sebenarnya masih banyak cerita mulai dari masa perilisannya sampai pergantian nama dari SkyDrive ke OneDrive. Buat kamu yang penasaran dengan kelebihan-kelebihan yang di bawanya yok langsung saja kita pelajari.

 A. Kelebihan OneDrive

 1. Ruang penyimpanan yang sudah memadai

Ruang peyimpanan 15 GB, peyimpana OneDrive
Memang harus di akui, 5 GB bukanlah angka yang banyak untuk ruang penyimpanan di masa sekarang meskipun begitu bukan juga berarti sangat sedikit mengingat 5 GB sudah termasuk kategori yang memadai. Untuk kebutuhan yang lebih banyak sangat di sarankan untuk beralih ke akun premium yang menawarkan penyimpanan sebanyak 1TB.

2. Akses dari berbagai perangkat

Terhubung dengan berbagai perangkat, akses di mana saja
OneDrive sudah mendukung berbagai Operating Sistem (OS) seperti Android, Mac OS, iOS, Windows, Windows Phone dan versi web tentunya. Dengan didukungnya berbagai OS tentu menggunkan OneDrive jadi lebih mudah.

3. Terintegrasi dengan office online

Ini merupakan hal yang paling menarik, bayangkan saja, saat kamu ingin mengedit sebuahfile dokumen namun di komputer tersebut tidak tersedia aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan. Dengan OneDrive di manapu dan kapanpun kamu berada tidak akan menutup kemungkinan buat kamu untuk mengedit dan mengakses data-data yang telah kamu simpan di OneDrive.

4. Tata letak yang bisa diatur sendiri dan mudah di akses

Mungkin fitur seperti inilah yang hanya di miliki OneDrive yang bahkan tidak di miliki oleh layanan serupa yakni Googe Drive, tata letak yang bisa di atur serta di ubah-ubah sesuai keinginan sendiri. Kamu dapat memilih 3 templet yang tersedia: Daftar, Ubin dan foto, masing-masing dari templet tersebut terlihat sangatlah menarik.
templet, tata letak

  5.  Fitur-fitur yang hebat

Microsoft juga menghadirkan berbagai fitur-fitur yang keren pada layanan mereka yang satu ini misalnya: File: itu adalah menu home karena di sana terdapat semua berkas yang kamu simpan selanjutnya Terbaru, Foto, Sampah, Bersama dan keranjang sampah, fitur-fitur tersebut tentu memiliki kelebihan sendiri yang akan kita bahas di artikel selanjutnya.

B. Kekurangan One Drive

1. Salah satu kekurangan yang menurut saya paling fatal adalah aplikasi desktop onedrive akan crash dan tidak dapat berjalan ketika panjang path dari dokumen lebih dari 256 karakter.

Saya yang menggunakan mac os dan rekan yang menggunakan windows sama-sama crash dan akhirnya kita harus banyak melakukan penyingkatan banyak nama dokumen dan folder. Hal ini sangat mengganggu karena ketika kita jadi tidak leluasa dalam mengelola dan merancang susunan folder serta dokumen. Harus hati-hati supaya tidak sampai 256 karakter. Sempat berpikir apakah hanya saya yang pusing terhadap limitasi ini, ternyata saya tidak sendiri, salah satunya bisa dibaca di web the vergeini. Penasaran apakah kendala ini merupakan suatu limitasi teknis atau tidak, saya mencoba membuat sistem dokumen yang sama di dropbox. Ternyata oh ternyata, dropbox sama sekali tidak masalah (setidaknya belum) dalam menghandle path dokumen yang lebih dari 256 karakter.

Saya sedikit bingung kenapa perusahaan sebesar Microsoft tidak memperbaiki hal ini padahal sudah ada komplain sejak lama. Kalau CEO baru Satya Nadela mau benar-benar membawa Microsoft ke era cloud, setidaknya dia harus memperhatikan komplain-komplain semacam ini. Semoga saja limitasi path ini cepat ada solusinya sebelum para user kabur ke layanan penyimpanan dokumen yang lain.

2. Waktu sinkronisasi otomatis yang cukup lama. 

Terkadang saya dan tim menemukan kendala ketika folder kerja perlu waktu cukup lama untuk sinkronisasi. Entah ini permasalahan di bagian mana, namun hal ini cukup membuat tidak nyaman ketika butuh berbagi dokumen ke masing-masing folder kerja secara cepat. Bahkan saya yang menggunakan mac os mengalami permasalahan yang paling parah, terlebih lagi tidak ada cara manual untuk melakukan re-sync di mac os.

3. Manajemen dokumen onedrive di mac os yang masih terbatas. 

Microsoft dan Apple mungkin memang perusahaan berbeda dan cenderung bersaing untuk bagian sistem operasi. Namun sebenarnya bukanlah alasan ketika Microsoft hanya bisa membuat fitur yang begitu minim untuk onedrive desktop di mac os. Adalah lebih banyak rasa harap-harap cemas untuk memastikan apakah dokumen sudah terupload atau masih hanya tersimpan di lokal drive. Karena saya belumlah menguasai mac os sepenuhnya, saya kembali penasaran apakah ini memang karena limitasi dari OSnya atau memang softwarenya yang tidak sempurna. Saya kembali mencoba dropbox, dan ternyata sekali lagi saya terkejut, dropbox di mac os jauh lebih lengkap, sudah ada tanda status di tiap dokumen dan folder. Selain itu juga ada tombol untuk manual share. Kembali tanda tanya besar muncul, mengapa perusahaan raksasa seperti Microsoft tidak bisa membuat fitur itu ketika yang sekelas dropbox saja bisa.

Selain kekurangan dan kelebihan dari one drive, kita juga wajib tahu nih apa saja fitur-fitur yang ada di one drive itu sendiri. Ini dia fitur-fiturnya :

EXPERIENCE.pngAda juga People Card dan Info Pane baru untuk melihat siapa saja yang telah mengakses konten tersebut atau sebaliknya, bagi mereka yang tidak dapat.

Universal Sharing Baru

Capture.PNG

Kini dalam update OneDrive terbaru. Tampilan untuk berbagi kini lebih sesuai standar baik untuk pengguna Windows, macOS, dan Web. Fungsi-fungsi yang lebih menyatu ini akan hadir di Office 2016 (dan yang menggunakan Office 365) dalam beberapa bulan lagi.

Files On-Demand di Windows 10 Fall Creators Update

2.PNG

Files On-Demand – fitur ini akan meluncur pada tanggal 17 Oktober. Salah satu fitur yang mungkin banyak diperhatikan oleh Anda selama Insider Preview adalah fungsionalitas built-in yang memungkinkan Anda untuk melihat lebih dari 270+ jenis file yang berbeda tanpa harus menginstal aplikasi tersebut. Berikut adalah contoh file Adobe Illustrator dalam preview meskipun tidak ada aplikasi Adobe Illustrator pada gadget ini. Ini adalah fungsi yang saat ini didukung melalui aplikasi web yang kini dapat dinikmati pengguna Windows 10 Fall Creators Update.

Batas Maksimal Ukuran File Meningkat

Setelah sempat beberapa minggu tidak ada kejelasan tentang batas maksimal ukuran file yang bisa diupload ke OneDrive, akhirnya hari ini muncul juga pengumuman officialnya.

Microsoft menyatakan bahwa kini kamu bisa mengupload file berukuran hingga 10GB ke OneDrive kamu. Batas maksimal ukuran file ini naik hingga 5x lipat dari sebelumnya yang hanya dibatasi hingga 2GB saja.

Dengan peningkatan ini maka file berukuran diatas 2GB kini bisa diupload dan tersinkronisasi ke OneDrive tanpa masalah.

Sinkronisasi Lebih Cepat

Selain meningkatkan batasan ukuran file yang bisa diupload, Microsoft juga meningkatkan kecepatan sinkronisasinya. Mereka mengklaim bahwa proses sinkronisasi kini bisa lebih cepat hingga 3x lipat.

Share File Langsung dari Windows

Inilah 4 Fitur Baru di OneDrive yang Bisa Membuat Kamu Tersenyum Puas

Sebelumnya kamu harus membuka halaman web OneDrive untuk mendapatkan link share dari file yang kamu inginkan. Tetapi kini kamu bisa mendapatkan link share tersebut langsung dari dalam Windows Explorer.

Tidak perlu lagi membuka halaman web OneDrive. Kamu cukup klik kanan saja file atau folder yang ingin dishare, lalu klik Share a OneDrive Link.

Upload Folder via Web

Inilah 4 Fitur Baru di OneDrive yang Bisa Membuat Kamu Tersenyum Puas

Sekarang kamu bisa upload folder melalui web OneDrive.com hanya dengan drag n drop folder tersebut. Kamu juga bisa mengupload folder melalui menu Upload > Folder.

Share Eksternal Secara Simpel dan Aman Tanpa Microsoft Account

7.PNG

Seperti yang telah diperlihatkan di Ignite. Microsoft akan segera mendukung dukungan sharing eksternal tanpa memerlukan Microsoft Service Account (MSA) dengan mengizinkan Anda menggunakan Azure untuk membuat kode akses satu kali untuk memberi akses pengguna eksternal ke konten.’

Serta hal-hal lain seperti:

  • Peningkatan Perangkat yang Menggunakan Layanan Microsoft 365 dengan OneDrive.
  • Konfigurasi Akun Otomatis Silent Sync untuk OneDrive dengan ADAL- Microsoft Azure Active Directory Authentication Library sekarang akan mendukung sinkronisasi silent dan konfigurasi akun untuk OneDrive.
  • Dukungan hubungan enkripsi libraries dengan IRM atau DRM.
  • Multi-geo untuk lebih spesifik soal lokasi data pengguna ke jangkauan Azure yang juga secara spesifik. Membuat kemanan dan kebutuhan lebih mudah tercapai.
  • Enkripsi Level Layanan dengan Kunci Konsumen secara khusus atau privat.
  • Peningkatan OneDrive Admin Center.
  • Self Service Migaration Toolkit untuk memindahkan drive dari layanan cloud lain ke OneDrive milik kita.
  • Peningkatan dalam pengalaman layanan Mobile.
  • Terbuka dalam pengalaman modern web.
  • Files Restore yang berguna setelah hal-hal menganggu seperti penghapusan skala besar, ransomware, dan kesalahan fatal lainnya.
  • Dukungan untuk pelanggan On-Prem dengan Android App, Microsoft mengumumkan bahwa kami sepenuhnya mendukung pelanggan OneDrive On-Premise di platform Android.
  • Pemberitahuan notifikasi di desktop dan mobile secara berkesinambungan.
  • Dukungan file zip dalam web view dan memilih file yang kalian ingin ekstrak.
  • Integrasi sync client di Office untuk Mac.
  • Dukungan NGSC (Next-gen Sync Client) di SharePoint 2019

Setelah mengetahui apa kelebihan dan kekurangan one drive serta fitur-fitur yang dimilikinya, pastinya ilmu kita mengenai teknologi digital yaitu media penyimpanan berbasis digital sudah bertambah bukan. Semoga ilmu yang telah dipelajari bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung.

Sumber :

Kenali Fungsi dan Feature OneDrive for Business

http://blog.bayultimate.web.id/?p=385

http://vanitutorial.blogspot.co.id/2017/09/Pengertian-onedrive-dan-kelebihannya.html

OneDrive Kini Tampil Lebih Segar dan Hadir Dalam Fitur-Fitur Baru

Inilah 4 Fitur Baru di OneDrive yang Bisa Membuat Kamu Tersenyum Puas